Translate

Sabtu, 05 Mei 2012



TIPS untuk Melunakkan Daging BEBEK!!

Daging bebek terkenal dengan tingkat kekerasannya yang lebih tinggi dibanding daging ayam dan sapi, cara memasak yang salah akan menghadirkan tekstur karet pada daging. Namun dari sisi kelezatan jelas daging bebek mempunyai citarasa yang lebih enak dari daging ayam dan sapi. Misalnya rumah makan Bebek Kaleyo yang terkenal dengan daging bebek super empuk dan bumbu lezatnya dipadukan dengan sambel mangga, sajian bebek menjadi sangat sempurna, tak heran pengunjung di restoran tersebut selalu ramai.


Bagi saya pribadi, saya merasa penasaran bagaimana daging bebek yang biasanya keras bisa jadi lembut dan enak banget. Lalu ibu saya penasaran dan ingin memasak sajian dari bebek, beberapa kali mencoba hasilnya gagal, daging bebek tetap keras, bumbu tidak meresap ke daging, dan gas kompor yang terbuang banyak. Perjalanan mencari rahasia melunakkan daging bebek tidak mulus, kami banyak disuguhi mitos-mitos jaman dulu tentang cara melunakkan daging bebek. Mulai dari penggunaan zat-zat tertentu seperti obat pereda sakit kepala sampai penggunaan alat makan seperti sendok atau garpu yang direbus bersama daging bebek. Tentu saja cara tersebut tidaklah benar, jangan gunakan cara tersebut ya!


Akhirnya kami menemukan cara untuk melunakkan daging bebek dengan aman tanpa mitos-mitos tanpa dasar tersebut. Dengan latar belakang pengiritan gas kompor, kami menggunakan penanak nasi untuk merebus daging bebek. Hasilnya daging bebek jadi empuk!! Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika melunakkan daging bebek dengan rice cooker :
·         Waktu memasak tombol rice cooker harus ditekan ke tanda “cook” seperti memasak nasi biasanya, hanya dengan rebusan daging bebek, tanda tidak akan berubah menjadi tanda matang. Biarpun tandanya tidak berubah, proses pemanasannya tetap berjalan normal.

·         Memasak dengan rice cooker tidak ada penanda waktu, jadi anda harus terus mengecek daging bebek, begitu daging sudah empuk segera matikan rice cooker, setelah dingin pindahkan bebek ke wadah, jika ingin menghangatkan gunakan kompor biasa.

·         Untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek sebaiknya beri perasan lemon pada daging bebek mentah. Karena merebus tidak dapat menghilangkan bau amis secara sempurna. Lakukan perebusan dengan air yang cukup dan bumbu yang pas.

·         Jika anda ingin memasak nasi setelah merebus daging bebek, pastikan anda mencuci wadah dengan sempurna. Sisa lemak yang melekat akan membuat nasi cepat basi.

Nah, begitulah cara yang saya temukan dengan alat yang pasti ada di setiap rumah. Cara lain tentu dengan panci rebus tegangan tinggi yang mahal harganya. Semoga artikel ini dapat membantu anda. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar